Selasa, 17 Februari 2015

MANFAAT PASTA BAGI KESEHATAN !!!

MANFAAT PASTA BAGI KESEHATAN !!!
Kalau bicara tentang kuliner di Indonesia, tidak ada ujungnya. Selain disuguhkan dengan masakan khas Indonesia sendiri, banyak juga masakan khas dari negara lain yang punya tempat dihati orang Indonesia. Dari beragam kuliner khas mancanegara, salah satunya ada pasta yang merupakan makanan khas Italia disamping pizza. Dalam sejarahnya, pasta diperkenalkan oleh Marcopolo di Italia pada abad ke-13, dan mulai banyak diproduksi oleh pabrik-pabrik pada abad ke-15 di Napoli.
Pasta merupakan bahan makan yang terbuat dari tepung gandum, hampir mirip dengan mie yang dibuat dari tepung terigu. Perbedaanya adalah jenis gandum dan proses penggilingan sampai menjadi tepung. Tepung gandum untuk pasta bernama semolina yang berasal dari gandum jenis durum wheat. Pasta memiliki tekstur yang disebut al dente, atau ‘to the tooth’ (pas untuk gigi) tidak terlalu keras atau lembek (pas ketika harus dikunyah), jika dimasak dengan tepat. Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran, ada lebih dari 650 jenis pasta di Italia dan tiap tahunnya muncul jenis pasta yang baru. Kalau tau bentuk spaghetii yang disebut mie italia, itu hanya salah satu dari ratusan jenis pasta lainnya. Macaroni, fusilli, ravioli, fettucini, linguini, farfalle, dll merupakan ragam jenis dari pasta yang berbentuk unik dan sudah banyak dikenal.
Pasta-with-Tomatoes-and-Basil-602x451Selain tekstur dan rasa yang lezat, pasta juga menyimpan manfaat bagi kesehatan. Pasta merupakan bahan makanan sumber energi dengan karbohidrat sebagai kandungan utamanya. Karbohidrat yang terkandung membuat pasta mudah dicerna tetapi membutuhkan waktu yang agak lama untuk diserap oleh usus sehingga membuat perasaan kenyang lebih lama. Nilai indeks glikemik pada pasta rata-rata sebesar 45, tergantung jenis dan cara lama dan cara pengolahannya. Nilai ini tergolong rendah dan cocok digunakan sebagai menu diabetesi.
Pasta juga menjadi alternatif pilihan bahan makanan bagi seseorang yang sedang menurunkan berat badan. Hal ini didukung oleh sifat karbohidrat pada pasta yang memberikan efek rasa kenyang lebih lama serta kandungan serat dan protein pada pasta yang menunda rasa lapar datang lebih cepat. Rata-rata kandungan serat pada pasta ± 3 gram / 100 gram pasta kering, dan menyumbang sekitar 12% kebutuhan serat harian. Untuk protein, sebanyak 28% kebutuhan harian protein dapat diperoleh dari pasta dengan jumlah 14 gram/100 gram pasta kering.
Kandungan vitamin dan mineral yang dari tepung gandum sebagai bahan dasar pembuat pasta, memberi manfaat bagi kesehatan. Vitamin B kompleks, magnesium, fosfor, zat besi, seng, kalium, tembaga , dsb berperan dalam berbagai fungsi organ seperti kesehatan pencernaan, pertumbuhan tulang, sistem kekebalan tubuh. Penambahan bahan makanan seperti saus tomat, potongan daging ayam;daging sapi, irisan jamur, parutan keju, dsb dapat meningkatkan kandungan gizi pasta selain cita rasanya. Adanya inovasi pembuatan pasta dari tepung gandum utuh whole wheat akan meningkatkan kandungan gizi pasta menjadi lebih baik, karena kini trend kesehatan sedang mengangkat gandum utuh sebagai superfood .
pastaJenis pasta yang umumnya ada di pasaran Indonesia adalah jenis pasta kering. Cara menyimpan pasta sangat mudah. Simpan dalam wadah yang kering, tertutup dan hampa udara, serta jauhkan dari dari jangkauan sinar atau suhu ruang yang tinggi menjadi cara yang baik untuk bisa menyimpan pasta lebih lama. Untuk dapat menikmati pasta yang lezat dan sehat, sebaiknya:
Gunakan wadah atau panci yang besar untuk merebus pasta, agar seluruh permukaan bisa terendam.
Tambahkan secuput garam untuk meingkatkan suhu air sehingga saat pemasakan pasta lebih cepat matang dan tidak lengket antar helaian pasta.
Setelah air mendidih, langsung masukkan pasta.
Jangan dimasak overcook, waktu yang dibutuhkan sekitar 5-10 menit. Jika terlalu lama bisa menyebabkan pasta menjadi lengket dan sangat lembek.
Tiriskan pasta, tetapi jangan dibilas agar kandungan gizi pada pasta tidak banyak yang hilang. Supaya helaian pasta tidak lengket, bisa ditambahkan sedikit minyak zaitun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar